Sukses

Parenting

Pernikahan Salep Tarjhâ

Pernah mendengar istilah Salep Tarjhâ kah, ladies? Mungkin sebagian dari anda belum familiar dengan istilah yang satu ini.

Ladies, Salep Tarjhâ adalah jenis pernikahan yang dilarang oleh sebagian masyarakat Madura. Mitosnya, Salep Tarjhâ dapat mendatangkan musibah dan bencana bagi pasangan maupun keluarganya. Mitos tersebut berasal dari kepercayaan turun temurun dari nenek moyang mereka.

So, apa itu Salep Tarjhâ? Menurut anneahira.com, Salep Tarjhâ adalah pernikahan silang antara dua orang bersaudara, lelaki dan perempuan. Misalnya, ada dua orang bersaudara Doni dan Dina menikah silang dengan dua bersaudara lainnya Riko dan Rika (Doni dan Rika, Dina dan Riko). Nah, itulah yang dimaksud dengan pernikahan Salep Tarjhâ .

Sebagian masyarakat Madura masih percaya dengan mitos ini. Namun, sebenarnya baik dimata hukum maupun agama Islam, pernikahan semacam ini tidak dilarang. Karenanya, dalam hal ini masyarakat Madura terbagi menjadi tiga bagian.

Seperti dijelaskan synisterefendi.blogspot.com, bagian pertama adalah yang percaya dengan mitos ini. Bagian kedua adalah masyarakat yang ragu-ragu, antara percaya dan tidak. Sedangkan bagian ketiga adalah mereka yang tidak percaya karena menganggap selama itu tidak menyalahi aturan agama Islam, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Masyarakat juga percaya bahwa orang yang nekat melakukan pernikahan Salep Tarjhâ, diharuskan melakukan selamatan atau doa bersama, dengan mengundang keluarga, tetangga, serta kiai. Hal ini bertujuan agar pengantin serta keluarganya terhindar dari mara bahaya dan musibah.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading