Sukses

Parenting

Menyusui Tanpa Hamil

Ladies, pernahkan Anda menyangka bahwa wanita bisa menyusui tanpa harus hamil? Banyak wanita yang mengadopsi anak sangat ingin melalui fase menyusui agar bisa menjadi sewajarnya seorang ibu. Bisa nggak sih?

Jawabannya, bisa. Menurut dokter Elizabeth LaFleur, R.N. di situs mayoclinic.com, seorang wanita bisa menyusui tanpa harus hamil. ASI normalnya adalah hasil interaksi kompleks dari 3 hormon, yaitu hormon estrogen, progesterone and prolactin yang terjadi pada bulan-bulan akhir kehamilan.

Saat seorang ibu melahirkan, tingkat hormon estrogen akan turun drastis sedangkan progesterone akan tetap tinggi. Hormon inilah yang menyebabkan keluarnya ASI. Nah, jika ingin menyusui meskipun tidak hamil, Ladies bisa membuat replikasi dari proses biologi ini.

Cara pertama, jika Ladies punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri, Anda bisa melakukan terapi hormon dan mulai memompa payudara Anda dengan pompa elektrik yang tersedia di rumah sakit. Stimulasi ini berguna untuk mempercepat produksi susu dan melepaskan prolactin.

Pada minggu pertama dan kedua, pompa selama 5-10 menit dan juga ketika malam. Kemudian terus tingkatkan hingga menjadi 20 menit setiap 2 hingga 3 jam sekali. Lakukan hingga bayi yang ingin Ladies susui datang.

Namun, jika Ladies tidak memiliki banyak wantu untuk mempersiapkan diri, cobalah untuk mendatangi dokter Anda. Meskipun begitu, aktivitas memompa akan tetap Anda lakukan untuk merangsang keluarnya susu.

Ketika Ladies sudah mulai menyusui nanti, jangan lupa untuk tetap memberikannya susu pendamping jika diperlukan. Selain menyusui langsung, Anda juga bisa memberikan ASI di botol seperti sewajarnya ibu-ibu lainnya kok.

Bagaimana Ladies, seru bukan?

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading