Sukses

Parenting

Bermain di Playground Bermanfaat Bagi Anak Lho

Playground atau tempat bermain anak pasti jadi tempat yang menyenangkan untuk anak Anda. Baik playground indoor maupun outdoor tidak akan ditolak deh saat Anda menawarinya untuk bermain disana.

Selain menyenangkan buah hati Anda, Moms juga akan senang saat tahu kalau bermain di playground memberikan manfaat tersendiri bagi anak-anak. Dijamin deh, tidak ada ruginya untuk menunggu anak Anda bermain selama 30-40 menit di playground.

Sebuah jurnal penelitian berjudul The Benefits of Playgrounds menunjukkan bahwa playground merupakan suatu tempat penting yang bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, motoriknya.

Seperti yang diulas dalam kidsafewa.com.au, selain dapat meningkatkan kekuatan fisik, koordinasi dan keseimbangan, manfaat lain yang bisa didapat dari bermain di playground yaitu bisa membuat anak belajar dan meningkatkan atau mengembangkan:

1. Kemampuan sosial. Saat bermain dengan anak lainnya, ia belajar berkomunikasi, berbagi, dan bekerjasama.

2. Imaginasi dan kreatifitas. Anak bisa mengeksplor bagaimana cara memainkan permainan tersebut sesuai keinginannnya.

3. Kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Saat anak mendapatkan tantangan baru seperti akan melewati halang rintang, ia akan berpikir bagaimana cara untuk melewatinya dan sukses sampai tujuan akhir.

4. Kepercayaan diri. Setelah mereka menguasai suatu hal, kepercayaan dirinya akan bertambah.

5. Kemampuan untuk menjaga diri sendiri. Anak akan terlatih untuk menjaga diri mereka sendiri untuk menghadapi tantangan fisik dan sosial saat bermain di playground.

Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk menemani anak bermain di playground saat libur atau akhir pekan.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading