Sukses

Parenting

Vitamin yang Pas untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil wajib mengonsumsi nutrisi untuk kesehatan diri dan janinnya. Pengonsumsian nutrisi tentu tidak lepas dari konsumsi vitamin. Vitamin yang diperuntukkan bagi ibu hamil ini biasa disebut dengan prenatal vitamins, seperti yang disebutkan di webmd.com.

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan para wanita hamil, diantaranya vitamin A, B, C, D, dan K. Setiap vitamin yang dibutuhkan memiliki fungsinya masing-masing. Vitamin K misalnya, membantu Ladies mengurangi rasa mual saat hamil. Vitamin K bisa diperoleh dari bayam dan kuning telur.

Vitamin B, mungkin lebih populer di kalangan ibu hamil dengan sebutan asam folat. Asam folat merupakan bentuk vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan otak janin. Selain melalui suplemen, Ladies bisa memperoleh asam folat ini dari kerang, susu, keju, dan tahu.

Selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin C mungkin lebih digemari wanita hamil ya karena rasanya yang asam mampu mengurangi rasa mual. Ternyata Ladies, vitamin C ini dapat dikonsumsi sampai 25mg per hari. Jika Ladies lebih suka yang alami, Ladies dapat mengambil dari buah mangga, pepaya, dan jeruk, daripada mengambil suplemen.
Namun tak semua jenis vitamin bisa didapat dari makanan, seperti vitamin D yang sumber utamanya dari cahaya matahari pagi. Untuk itulah diperlukan suplemen vitamin D sebanayak 4 mcg tiap harinya.

Selain vitamin di atas, wanita hamil juga membutuhkan kalsium. Beda lo ya antara vitamin K dan kalsium (Ca). Tahukah Ladies, bahwa dosis kalsium yang dibutuhkan cukup tinggi. Jika ibu hamil sedikit mengkonsumsi makanan mengandung kalsium, si bayi akan menyerap kalsium yang terdapat dalam tulang ibu. Hmm..., lama lama tulang Ladies bisa keropos.

Mengecek darah Anda untuk mengetahui kadar vitamin apa yang kurang bisa menjadi alternatif yang baik.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading