Sukses

Parenting

Tips Merawat Bayi Prematur

Bayi Anda prematur? Jangan bersedih Ladies, hal yang penting adalah Ladies harus bersabar untuk merawat dan memberi perhatian khusus.

Seperti yang dilansir pada americanpregnancy.org, bayi prematur mengalami perkembangan yang tidak sama dengan bayi normal, mulai dari berat badannya lebih rendah, sistem pencernaan belum sempurna, hingga sistem pernafasannya terganggu dan membuat si kecil sulit bernafas.

Biasanya bayi prematur ditempatkan dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit), sebuah ruang perawatan khusus guna mengobati dan mencegah terjadinya kegagalan organ. Dengan teknologi dalam NICU tersebut, suhu dan cahaya diatur sedemikian rupa yang sesuai dengan kondisi bayi. Selain itu, juga ada tim dokter maupun perawat yang mengontrol perkembangan si kecil sehingga bayi dapat survive pada hari, minggu, hingga bulan pertama kelahiran mereka sampai si bayi sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan luar.

Setelah bayi dianggap sehat, bayi tersebut biasanya diijinkan pulang ke rumah oleh pihak rumah sakit. Lantas, apakah bayi Anda sudah sehat betul? Belum Ladies. Anda harus merawat si kecil dengan memperhatikan apa yang diperlukan. Mulailah dengan mencari tahu apa saja kompliksai yang dialami bayi Anda. perhatikan setiap perubahan entah kemajuan atau kemunduran dan crosscheck kan dengan dokter. Seperti yang disebutkan di mayoclinic.com, semakin Anda tahu banyak, semakin mudah Anda merawatnya.

Selain itu, perbanyak konsumsi susu pada bayi terutama ASI sebagai pemberi nutrisi yang baik. Jika bayi Anda belum mampu menghisap ASI, berikan dalam bentuk lain, seperti dikop dan ditaruh botol ,atau disimpan dengan suhu tertentu unutk penggunaan selanjutnya.

Tanyakan pada dokter jika bayi Anda memerlukan suplemen tertentu dari susu formula atau yang lainnya. Terakhir, perbanyak waktu Anda dengan si kecil. kontak kulit bisa meningkatkan kedekatan Anda dengan si kecil.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading