Sukses

Parenting

Apakah Gadget Baik Untuk Anak Anda?

Voila! Kita sudah berada di tahun 2013, dan sebagian besar anak TK sudah mampu mengoperasikan berbagai tipe smartphone atau tablet meski pada saat yang bersamaan mereka bahkan belum bisa menalikan tali sepatu mereka sendiri! Walaupun kita tahu bahwa merupakan hal yang sangat penting bagi anak Anda untuk mampu menavigasikan dengan benar dunia yang semakin terhubung dan tanpa batas agar mereka mampu menunjukkan performa yang luar biasa baik di sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu, sulit bagi kita sendiri untuk tidak terkagum-kagum akan bagaimana teknologi telah mengambil alih kehidupan kita.

Hasil penelitian yang telah dituliskan pada www.parents.com menunjukkan bahwa anak usia sekolah menghabiskan paling tidak 7,5 jam sehari di depan televisi, komputer, smartphone, atau jenis gadget lainnya. Angka jam tersebut dihasilkan oleh fakta bahwa saat ini mereka dapat mengakses gadget mereka di jalan ke sekolah, di ruang tunggu dokter, di terminal, atau di tempat umum lainnya.

Ditambah lagi, orang tua yang memiliki 2 orang anak, kemungkinan mereka mulai menyadari bahwa mereka yang terpaut usia 3 atau 4 tahun akan mampu menguasai sesuatu, membaca misalnya, pada saat yang bersamaan karena mereka sering mengoperasikan tablet atau iPad bersama-sama. Membatasi waktu bermain akan memerlukan energi ekstra karena jika Anda tiba-tiba menjauhkan gadget dari mereka, bersiaplah untuk ‘berperang’ dengan mereka.

Yang menjadi tantangan Anda saat ini adalah bagaimana membantu anak Anda untuk memanfaatkan teknologi teknologi tinggi serta memastikan mereka belajar serta bermain dengan cara yang benar.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading