Sukses

Parenting

Hati-hati, Bunda, Olahraga Terlalu Giat Bisa Tunda Kehamilan

Siapa sih Ladies yang tidak mengidam-idamkan tubuh yang ideal dan menawan? Makanya banyak wanita yang merelakan diri untuk melakukan banyak olahraga yang menguras banyak tenaga. Namun, siapa sih wanita yang tidak menginginkan untuk memiliki buah hati? Wah, ternyata menurut medicinenet.com ada hubungan antara olahraga dan kesuburan wanita.

Bunda, hubungan yang muncul antara olahraga dan kesuburan adalah bahwa jika seorang wanita berolahraga terlalu keras, kehamilannya akan semakin tertunda. Relasi ini muncul pada wanita dengan tubuh yang tidak kegemukan atau obesitas namun melakukan olahraga berat seperti bersepeda cepat, lari, berenang, dan senam aerobik.

Terlalu giat berolahraga bukan hanya jenis olahraga yang dilakukan, namun juga intensitas olahraga. Pada wanita yang tidak obesitas, olahraga berat akan mengganggu siklus menstruasi. Saat siklus ini terganggu, ovulasi bisa berkurang hingga menstruasi terhenti. Juga, terlalu giat olahraga akan merusak penanaman ketika telur yang sudah dibuahi mencapai dinding uterus.

Tapi, Ladies, hasil penelitian ini sesungguhnya memiliki hubungan berbanding terbalik dengan wanita yang obesitas. Wanita obesitas akan lekas hamil jika ia melakukan olahraga dengan giat.

Kondisi obesitas akan mengganggu siklus menstruasi wanita sehingga kehamilan pun terganggu, dan hal ini juga berlaku untuk wanita yang tidak obesitas namun giat berolahraga. Bingung, ya?

Oleh karena itu, Ladies, jika Anda ingin merencanakan kehamilan tahun ini, segera konsultasikan dahulu dengan dokter Anda. Tanyakan tentang olahraga yang aman untuk dilakukan sekaligus dengan asupan gizi yang dibutuhkan.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading