Sukses

Parenting

Anak Mengalami Penindasan dari Temannya

Ladies, semakin banyaknya kasus penindasan yang dilakukan oleh anak-anak sekolah, menyebabkan orang tua khawatir akan kondisi psikis anak. Bila Anda takut akan terjadi hal buruk pada anak, Anda bisa menerapkan strategi dari kidshealth.org berikut agar Anak Anda bisa mengatasi penindasan yang dilakukan temannya.

1. Ajaklah anak untuk membuka diri atas masalah penindasan yang dia dapatkan. Lalu konsultasikan masalah penindasan yang didapatkan anak Anda pada guru atau staf sekolah yang menangani kasusu penindasan pada siswa.

2. Cari tahu apa saja yang menyebabkan anak Anda mendapatkan penindasan. Apabila ada beberapa hal yang menyebabkan dia ditindas, seperti uangnya diambil, atau makan sianganya diambil, untuk mencegah dia mendapatkan penindasan lagi, hindari untuk membawakan anak bekal, atau uang yang banyak.

3. Agar anak Anda terhindar dari penindasan, suruhlah anak Anda untuk selalu bersama temannya dalam setiap aktivitas. Adanya beberapa teman di sekeliling anak menyebabkan anak Anda merasa aman karena ada teman yang membantu jika dia ditindas.

4. Jika ia mengalami penindasan suruh anak untuk tetap tenang. Lebih baik lagi jika Anda menyuruh anak Anda untuk menghindari siswa lain yang menindas dia. Hal ini untuk mencegah dia mengalami intimidasi dari temannya.

5. Jangan coba-coba untuk membiarkan anak Anda melakukan kontak fisik dengan temannya yang selalu menindasnya. Perkelahian tidak bisa menyelesaikan suatu masalah, jadi lebih baik menghindari perkelahian. Melakukan mediasi antara Anda dan kedua orang tua siswa yang menindas bisa menjadi salah satu cara menghentikan penindasan pada anak Anda.

Oleh: Dimas Galih Wijaya

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading