Sukses

Parenting

Cara Mudah Atasi Ketombe Pada Anak

Kalau orang dewasa yang berketombe itu rasanya sudah tidak kaget lagi ya. Tapi, apa jadinya kalau anak Anda yang masih kecil juga sudah mengalami yang namanya berketombe. Berminyak, gatal, ada serpihan putih dari rambut bahkan luka pada kulit kepala memang membuat risih ya Bu.

Ketombe pada orang dewasa muncul karena kombinasi antara adanya jamur dan kelebihan kadar minyak pada kulit kepala. Lalu kulit mati pada kepala menggumpal dan membentuk serpihan. Selain itu, ketombe juga bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan kepala dan kondisi cuaca yang buruk.

Sementara itu, ketombe yang dialami bayi dan anak-anak bisa terjadi karena iritasi, dan bukan termasuk masalah serius. home-remedies-for-you.com memberikan tips untuk Ibu coba jika anak berketombe.

Sebelum keramas, sisirlah pelan-pelan secara menyeluruh agar kulit matinya bisa ikut terkelupas. Keramas dengan shampo khusus ya Bu, dan gosok kulit kepalanya secara menyeluruh. Lalu bilas dan ulangi sekali lagi.

Sampo khusus itu antara lain yang mengandung zinc, asam salicylic, coal tar, resorcin, ketoconazole, atau selenium. Tapi sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter agak shamponya tidak membuat anak alergi atau memperparah kondisi kulit kepalanya.

Keramas dengan shampo khusus tersebut biasanya disarankan sebanyak 2-3 kali seminggu. Tapi, pada hari dimana tidak menggunakan shampo khusus, Ibu bisa membersihkan rambut anak dengan shampo biasa untuk anak-anak.

Lakukan hal tersebut sampai ketombe benar-benar tidak muncul lagi. Hindari juga pemakaian conditioner atau produk perawatan rambut lainnya yang mengandung minyak, karena juga bisa memicu munculnya ketombe lagi.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading