Sukses

Parenting

Mengapa Bayi Prematur Saya Sangat Sulit Ditenangkan?

Jika bayi prematur Anda menangis atau terganggu, sama halnya dengan bayi yang terlahir normal, mungkin terdapat sesuatu yang langsung mengganggu mereka. Mungkin mereka memerlukan makanan atau ingin popoknya diganti. Atau mungkin pula mereka merasa kurang sehat. Atau mereka merasa sangat lelah tetapi sama sekali tidak dapat tidur.

Beberapa bayi yang baru dilahirkan mungkin sangat sulit ditenangkan. Keragu-raguan untuk ditenangkan merupakan hal yang normal terjadi pada bayi terlahir prematur. Namun, banyak orang tua, dan mungkin Anda termasuk di dalamnya, merasa bahwa kadang bayi mereka sangat sulit ditenangkan.

Laman babycentre.co.uk menuliskan beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda menenangkan bayi Anda. Pertama, selimuti bayi Anda dengan rapat dan kemudian cobalah untuk memeluk dan menggoncang pelan gendongan Anda. Kedua, Anda dapat keluar rumah dan mengajak mereka jalan-jalan. Jika ada, Anda dapat menyalakan musik yang memiliki suara seperti bersenandung.

Selama bayi Anda memiliki waktu untuk menyesuaikan diri untuk bersama Anda di rumah, dia mungkin akan mulai terbiasa untuk mendengarkan suara mesin cuci atau mesin pengering cucian. Selain itu, Anda dapat memijit bayi Anda untuk menenangkan mereka.

Jika Anda mulai merasakan stres melanda Anda, mintalah pasangan Anda untuk menjaga bayi Anda untuk sementara waktu sehingga Anda dapat beristirahat. Jika Anda sendiri dan sudah merasa sangat lelah, tidurkan bayi Anda dengan posisi telentang di tempat tidur mereka, tutup pinta, dan pergilah ke kamar yang lain untuk beristirahat sebentar. Meski hanya sebentar, istirahat tersebut dapat membantu Anda untuk menghadapi kembali dengan tenang bayi Anda yang sedang menangis.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading