Sukses

Parenting

Cara mencegah Infeksi Telinga pada Bayi

Ladies, melihat bayi yang selalu menangis dan tidak bisa tidur adalah salah keresahan seorang ibu karena tidak tega melihat sang buah hati. Hal seperti ini mungkin saja disebabkan oleh suatu hal yang kita tidak mengerti apa yang terjadi, karena bayi masih belum bisa menginformasikan apa yang sedang dia rasakan. Namun Ladies, biasanya hal tersebut penyebabnya yang paling sering adalah dia terserang sebuah penyakit.

Penyakit yang sangat menyiksa seorang bayi biasanya adalah infeksi pada telinganya. Infeksi telinga pada bayi biasanya akan merubah suasana hatinya karena dia merasa terganggu dan kesakitan merasakan perih pada telinganya. Kuman yang menyerang gendang telinga bayi juga sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus tanpa ada pengobatan yang diberikan karena akan mempengaruhi napsu makan sang bayi.

Namun anda tidak perlu khawatir Ladies, karena babycenter.com mempunyai cara untuk mencegah datangnya kuman yang menyebabkan infeksi pada telinga bayi anda. Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah:

1. Jauhkan bayi Anda dari asap rokok, karena asap meningkatkan risiko infeksi nya. Jadi Ladies, buatlah suasana lingkungan rumah anda menjadi tempat yang bebas dari asap rokok, ya !
2. Menyusui selama setidaknya pada enam bulan pertama. ASI akan menyediakan antibodi utuk bayi anda yang berguna melawan infeksi yang bersarang pada telinganya.
3. Ketika menyusui bayi Anda, posisikan kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya karena posisi yang salah dapat menyebabkan cairan keluar kembali melewati lubang seperti hidung dan telinga. Jika cairan melewati telinga maka akan menambah resiko kuman akan berkembang biak di sisa-sisa cairan tersebut.

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading