Sukses

Parenting

Peran Kyai Dalam Perjodohan Secara Islam

Ladies, tahukah anda apa saja tugas dan kewajiban seorang kyai ketika mempertemukan calon suami dan calon istri berdasarkan syar’i? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh soundvision.com.

Tugas kyai yang pertama adalah menjadi penjaga untuk calon istri yang akan dijodohkan. Dalam hal ini, situs soundvision.com menambahkan bahwa pengertian penjaga ini adalah sebagai pihak ketiga beserta keluarga calon suami dan calon istri ketika mempertemukan keduanya. Beliau diminta untuk mengendalikan jalannya perjodohan ini karena dianggap memiliki ilmu syar’i yang lebih.

Yang kedua, peran kyai ini menjadi penting dari pihak calon istri karena ia bertindak pula sebagai imam sholat dan narasumber berbagai kajian dimana banyak laki-laki taat berada di dekatnya. Ladies, inilah salah satu alasan beliau memiliki akses untuk mempertemukan calon suami muslim dan calon istri muslimah.

Berikutnya, alasan kyai diberi kepercayaan lebih oleh orang tua calon istri adalah karena beliau mengenal lebih dekat calon suami. Hal ini penting karena informasi akan kejujuran watak dan karakter seorang calon suami muslim dapat didapat dari kyai.

Yang terakhir, peran kyai menjadi penting dalam perjodohan secara Islam karena beliaulah yang menjadi perantara keputusan dari pihak wanita akan kelangsungan perjodohan. Apabila sang lelaki muslim pernah mengonsumsi narkoba atau pernah dipenjara, sang kyai harus mengatakan kepada keluarga calon mempelai wanita apakah perjodohan dilanjutkan atau tidak.

Ladies, ternyatan tugas kyai itu lumayan berat ya!

Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading