Sukses

Parenting

Bayi Lahir Prematur Akibat Mulut Tak Bersih

Bunda, bagi Anda yang pernah menjalani kehamilan pasti pernah merasakan keluhan-keluhan, diantaranya mual, muntah, badan terasa pegal-pegal, ngidam, malas makan, sensitif terhadap bau-bau tertentu, atau bahkan sampai susah buang air kecil. Keluhan lainnya yang sering dijumpai adalah peradangan gusi yang biasanya timbul mendadak akibat perubahan kondisi hormonal selama kehamilan.

Banyak diantara Anda yang belum menyadari pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Jangan pernah mengabaikan penyakit mulut, meskipun mungkin terdengar aneh, ternyata penyakit gusi dapat menyebabkan persalinan terjadi lebih awal lho.

 

Sudah banyak penelitian yang mengungkap kaitan antara kehamilan dengan perubahan dalam jaringan pada mulut. Pada situs betterhealth.vic.gov.au, menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebabnya ialah adanya perubahan hormonal wanita yang sedang hamil, yaitu meningkatnya kadar hormon esterogen dan progesteron. Kenaikan kadar hormon inilah yang menyebabkan gusi meradang. Selain pengaruh hormon, kebiasaan ngemil akan menimbulkan plak dan menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh kuman Streptoccocus mutans yang dapat menyebar melalui aliran darah dan menuju jantung. Tingkat keasaman rongga mulut akbiat muntah-muntah juga mengakibatkan rentan erosi email gigi. Akibatnya pada tahap terparah akan menyebabkan kesulitan menelan dan susah makan.

Parahnya, jika dibiarkan dan tidak dirawat, hal tersebut akan menjadi faktor resiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan bayi saat lahir kurang dari normal.

Nah, Bunda kebersihan rongga mulut selama masa kehamilan sangat perlu diperhatikan. Resiko bayi lahir prematur dapat diperkecil bila kesehatan mulut selalu terjaga.

Ismaya Indri Astuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading