Sukses

Parenting

Batasi Video Games yang Anak Anda Mainkan

Jenis permainan untuk anak sekarang sudah semakin canggih ya Bu, mulai dari PSP, PlayStation, Xbox dan sebagainya. Sebagai orang tua, boleh-boleh saja sih menginjinkan anak bermain video games. Tapi Ibu juga tidak bisa melepaskan anak dengan jenis video games apapun yang ia mau.

Laman healthychildren.org memberikan beberapa saran agar Ibu masih bisa mengawasi permainan anak, secara langsung maupun tidak langsung, caranya antara lain:

1.Cobalah ketahui sedikit banyak tentang jenis-jenis permainan seperti judul games ini berisi tentang misi ini. Dari situ Ibu bisa menentukan apakah anak boleh membeli, menyewa, atau mengunduh games tersebut.
Menurut National Institute on Media and the Family, kebanyakan orang tua tidak tahu tentang isi video games yang dimainkan anaknya. Dengan banyaknya games yang mencapai ratusan susah memang untuk tahu isinya satu-satu. Tapi, Ibu kebanyakan games sekarang sudah ditandai dengan rating usia untuk pemainnya kok.

2. Batasi waktu bermain anak Anda, misalnya maksimal satu jam sehari.

3. Coba jelaskan pada anak Anda games yang seperti apa saja yang Ibu larang untuk dimainkan, dan mengapa. Jadi anak akan terbiasa untuk melakukannya walaupun ia sedang main dirumah temannya atau diluar rumah, dimana Anda tidak bisa mengawasinya.

4. Ibu juga bisa mengingatkan toko atau rental yang biasanya dikunjungi anak Anda atau anak-anak kebanyakan untuk tidak menjual dan meminjamkan games-games dengan rating yang tidak sesuai dengan umur anak. Misalnya games dengan rating ‘T’ tidak boleh untuk anak dibawah 13 tahun, dan ‘M’ tidak boleh untuk anak yang belum 17 tahun.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading