Sukses

Parenting

Ayat dan Hadist Tentang Pernikahan

Ladies, sering kan mendengar ungkapan, menikah adalah ibadah? Begitulah Islam sangat menghargai niat baik umatnya yang memutuskan untuk menikah. Nah, berikut adalah beberapa hadist yang menerangkan bagaimana Islam menganjurkan manusia untuk menikah, seperti dikutip dari islamswomen.com.

1. Bagi seorang lelaki yang sudah mampu (moril-materil) untuk menikah, hendaknya ia menikah. Diterangkan dalam Hadist Riwayat Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang telah mampu untuk menikah, maka hendaklah dia menikah. Karena dengan menikah itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan.”

2. Menikah adalah sunnah rasul. Diterangkan dalam Hadist Riwayat Muslim.

Rasulullah SAW bersabda: “Menikah adalah sunnah-ku. Barang siapa yang mengabaikannya, bukan golongan-ku.”

3. Manusia ditakdirkan untuk hidup berpasang-pasangan dan saling mencintai satu sama lain. Diterangkan dalam Alqur’an surat Ar-Ruum ayat 21.

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu saling membahagiakan dan memberi ketenteraman, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”.

4. Setiap manusia sudah ditentukan pasangannya untuk membina keluarga dan memperoleh keturunan. Diterangkan dalam Alqur’an surat An-Nahl ayat 72.

“Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.”

Well, ladies, setelah membaca ayat dan hadist diatas, semakin yakin kan untuk menikah?

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading