Sukses

Parenting

Atasi Masalah Kehamilan - Sulit BAB dan Sering Kencing

Hamil adalah suatu fase yang serba merepotkan bagi wanita. Terdapat banyak perubahan dalam tubuhnya karena perubahan hormon yang terjadi. Masalah berikut berhubungan dengan sistem sekresi tubuh, yaitu buang air besar dan kencing.

Saat awal hamil, Anda mungkin akan mengalami susah buang air besar (konstipasi). Konstipasi ini berarti Anda tidak buang air besar sesering yang Anda alami biasanya, atau mungkin tidak bisa mengosongkan seluruh isi perut Anda.

Untuk mencegah kostipasi ini sebaiknya Ladies mengonsumsi banyak serat saat hamil, seperti buah dan sayur. Berolahraga secara tertaur untuk melemaskan otot Anda juga membantu melancarkan BAB. Terakhir, banyak minum air putih.

Saat hamil pula wanita akan sering buang air kecil atau kencing. Menurut penjelasan di nhs.uk, kepala janin yang berkembang menekan kandung kemih si ibu sehingga ibu sering kencing.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hindari minum di malam hari agar Ladies tidak bangun tengah malam untuk pergi ke toilet. Hindari pula minuman mengandung alkohol dan kafein karena kedua zat itu bisa membuat janin menekan kandung kemih.

Beberapa wanita bahkan bisa buang air kecil secara tidak sengaja selama kehamilannya. Merupakan hal yang wajar bagi wanita hamil jika tidak dapat mengontrol keluarnya sedikit urin saat dia batuk, bersin atau tertawa.

Sebagian menganggap bahwa fenomena ini biasa dan tidak bisa dihindari. Sementara ada yang mengatakan ini dapat disembuhkan. Jika saat hamil Ladies tidak bisa mengontrol keluarnya urin dan kejadian ini berlangsung lama selama hamil, sebaiknya Ladies perlu membicarakannya dengan dokter.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading