Sukses

Parenting

Mengatasi Selulit pada Wanita Hamil

Kehamilan memang merupakan saat-saat yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Namun dibalik kebahagiaan itu banyak sekali faktor yang harus diwaspadai dan diperhatikan, seperti efek samping dari kehamilan. Ngomong-ngomong mengenai efek samping kehamilan, salah satu yang banyak dikeluhkan adalah selulit.

Kelainan pada kulit ini disebabkan oleh meningkatnya volume cairan tubuh dan perubahan lapisan insulin dan prolaktin dalam darah. Meskipun tidak membahayakan, banyak wanita hamil yang terganggu akibat munculnya selulit di tubuh mereka. Berikut ini beberapa tips mengatasi selulit pada wanita hamil, versi modernmom.com:

1. Mengontrol berat badan
Tanyakanlah kepada dokter berat badan ideal di setiap fase kehamilan. Hindari memiliki berat badan yang melebihi batas yang disarankan dokter Anda. Semakin besar bobot tubuh Anda maka akan semakin memperbesar resiko timbulnya selulit.

2. Olahraga
Dalam penelitiannya mengenai pengurangan selulit, Wayne Westcott, Ph.D. menganjurkan wanita hamil untuk berolah raga aerobik , misalnya berjalan atau berenang, secara rutin 3 hari dalam seminggu minimal selama 20 menit.

Kombinasikan olah raga 20 menit Anda dengan tambahan 20 menit olah raga otot, seperti yoga. Disamping bermanfaat mengurangi selulit, olah raga ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat hamil

3. Mengonsumsi makanan sehat
Sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu lama dimasak dan makanan cepat saji. Mulailah mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran segar, serta makanan yang tinggi protein dan karbohidrat.

4. Pemijatan
Dikarenakan resiko yang tinggi jika melakukan pemijatan pada wanita hamil, sebaiknya pijat dilakukan oleh orang yang berpengalaman. MayoClinic.com menyediakan langkah pemijatan ampuh mengatasi selulit.

Bagaimana, Ladies? Tidak mau selulit mengganggu penampilan Anda saat hamil? Praktekkan tips-tips di atas ya. Selamat mencoba.

Oleh: Lely Tri W.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading