Sukses

Parenting

Alergi Susu Sapi Saat Hamil, Penggantinya?

Bunda, minum susu saat masa kehamilan sangatlah penting guna pertumbuhan janin dalam kandungan dan memenuhi nutrisi pada saat masa kehamilan. Tak jarang pula, banyak Ibu hamil yang enggan meminum susu karena beberapa sebab, salah satunya alergi.

Dijelaskan pada situs whattoexpect.com, Ibu hamil yang alergi susu akan menunjukkan beberapa gejala, seperti mual, muntah, diare, bibir gatal, dan jika sudah parah saat berak fecesnya berdarah.

Lalu bagaimana cara memenuhi asupan nutrisi jika mengalami alergi susu? Jangan khawatir, solusinya yaitu mengganti susu sapi dengan susu kedelai, susu kedelai sangat bermanfaat untuk menutupi kekurangan gizi. Berikut ada beberapa kandungan gizi pada susu kedelai, diantaranya:

1. Protein
Komponen protein susu kedelai tersusun dari beberapa senyawa amino, diantaranya lisin, lesitin, glisin, leusin, niasin, triptofan, fenilanin dan teronin. Keberadaan zat tersebut sangat berguna bagi pertumbuhan janin serta meningkatkan sistem imun.

2. Isoflavon
Bermanfaat untuk mempercepat metabolisme dan memperkuat kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi kognitif janin.

3. Lemak Nabati
Cadangan lemak yang akan dimanfaatkan jika Ibu hamil mengalami kekurangan lemak dalam darah.

4. Asam Folat
Meningkatkan sel syaraf pada janin, memperbaiki jaringan yang rusak, mengoptimalkan tumbuh-kembang janin dan memelihara fungsi organ pada Ibu hamil.

5. Karbohidrat
Sumber energi utama adalah karbohidrat, kandungan karbohidrat dengan jumlah yang cukup pada susu kedelai sangat bermanfaat sekali untuk memperlancar sistem pencernaan.

6. Vitamin
Susu kedelai mengandung sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, B, B1, dan E, yang kesemuanya itu sangat bermanfaat untuk tubuh dan janin.

7. Serat
Serat berguna untuk kelancaraan sistem pencernaan dalam tubuh, serat tidak ada dalam susu sapi.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading