Sukses

Parenting

Gangguan Sebelum Kehamilan (Part I)

Saat yang paling ditunggu setiap wanita adalah menggendong darah dagingnya sendiri dalam pangkuan. Namun berbagai gangguan sebelum, saat dan setelah kehamilan selalu menjadi hantu yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan ibu dan anak.

Jangan khawatir, Ladies. Kali ini kita akan membahas beberapa gangguan sebelum kehamilan yang dilansir dari situs womenshealth.gov. Ini dia ulasannya!

Mengetahui penyakit atau gangguan sebelum hamil sangatlah penting untuk menentukan perawatan prenatal. Wanita yang mengidap sebuah penyakit atau gangguan sebelum hamil akan mendapatkan perawatan atau obat yang jelas berbeda dengan wanita normal. Jika tidak, hal ini bisa membahayakan jiwa si ibu dan anak.

Inilah beberapa gangguan yang harus diwaspadai sebelum Ladies mempersiapkan kehamilan:

1. Asma

Asma yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan preeclampsia, gangguan pada bayi sebelum kelahiran, bayi berberat badan rendah, persalinan Caesar, dan komplikasi lainnya. Jangan hentikan penggunaan obat asma, jika tidak penyakit ini akan semakin parah.

2. Depresi

Depresi yang terjadi sebelum atau selama kehamilan membuat seorang ibu tidak bisa merawat dirinya sendiri dan bayinya. Depresi sebelum kehamilan bisa memicu depresi postpartum.

3. Diabetes

Jika Ladies memiliki penyakit diabetes karena tingginya kadar gula dalam darah, hal ini bisa berbahaya bagi bayi Anda dan memperparah keadaan diri Anda sendiri. Biasanya, orang yang memiliki diabetes memang tidak dianjurkan untuk hamil karena bisa mengakibatkan keguguran meskipun kehamilan sudah mencapai umur 6 bulan.

4. Eating disorder

Perubahan tubuh saat hamil bisa merubah pandangan seorang ibu terhadap dirinya sendiri pula. Wanita yang mengalami gangguan makan ini bisa menyebabkan komplikasi kehamilan termasuk melahirkan bayi prematur.

Sabar dulu ya, Ladies. Masih ada beberapa gangguan sebelum kehamilan yang patut diwaspadai lho! Simak terus pembahasannya di artikel selanjutnya!

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading