Sukses

Parenting

Infeksi Saat Kehamilan: Penyakit Kelamin Menular dan Toxoplasmosis

Ladies, berbagai virus dan penyakit dapat menganggu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Beberapa virus ini bahkan bisa menyebabkan keguguran. Penasaran dengan virus-virus ini? Simak ulasan lengkapnya yang dikutip dari situs womenshealth.gov!

Penyakit kelamin menular ini menginfeksi dari kontak hubungan seks. Virusnya kemudian tertular pada bayi janin sejak di dalam kandungan hingga persalinan nanti. Keguguran, melahirkan bayi yang mati di dalam, serta infeksi yang mengancam seumur hidup bisa ditanggung baik oleh ibu dan anak.

Ciri dari penyakit ini tentu tergantung dari penyakit kelamin yang diderita oleh ibu. Seorang yang mengidap penyakit kelamin bisa saja tidak mengetahui infeksinya, sehingga screening sebelum kehamilan sangatlah penting untuk Ladies.

Untuk mencegahnya hindari berganti-ganti pasangan, gunakan alat pengaman dan mintalah anitibiotik atau vaksin. Hal ini sangat penting karena ada pula penyakit kelamin menular yang belum ditemukan penawarnya.

Virus berikutnya yang juga sangat berbahaya adalah taksoplasma. Parasit ini biasanya bisa ditemukan di tinja kucing, tanah, makanan mentah atau setengah matang. Jika terkena bayi, taksoplasma bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan mendengarkan, melihat atau kemampuan intelektual anak.

Ciri wanita hamil yang terjangkit virus ini adalah memiliki gejala mirip flu. Sedangkan untuk menurunkan resiko terkena penyakit ini, Ladies bisa mencoba untuk selalu membasuh tangan dengan sabun setelah berkontak dengan tanah atau daging mentah. Selain itu jagalah kebersihan diri dan makanan Ladies.

Anda juga tidak diperbolehkan makan makanan yang belum matang. Jika Ladies adalah pecinta kucing, bersihkan selalu kotak kotorannya ya! Semoga bermanfaat.

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading