Sukses

Parenting

Atasi Anak Ketagihan Komputer - Alihkan

Melihat anak berada lama di depan komputer tentu membuat orang tua sedikit khawatir sebab orang tua tak selalu dapat melihat apa yang dikerjakan si anak. Apakah anak Anda juga begitu?

Ketagihan komputer sudah menjadi isu yang populer di kalangan orang tua masa kini, namun bukan berati setiap kali si anak menggunakan komputer Anda harus mencurigainya. Untuk meyakinkan dugaan Anda serta untuk mengurangi kebiasaan anak menggunakan komputer, Anda harus mengetahui secara pasti apa saja yang dilakukan si anak dengan komputer itu. Apakah dia bermain game, browsing lagu/film, atau sosial media.

Seperti yang disarankan di m.wikihow.com, setelah Anda mengetahui apa yang dilakukan si anak, tentukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya, jika Anda tahu si anak suka bermain game, ajaklah dia untuk olahraga, misalnya ikutkan klub futsal, badminton, renang atau yang lainnya.

Jika anak Anda suka browsing, mintalah dia mengumpulkan beberapa isu mengenai hal tertentu yang ia sukai. Mengumpulkan berita melalui browsing, mencocokkan dengan buku, lalu menulis atau mencetaknya menjadi ensiklopedia mini.

Ladies harus sekreatif mungkin membuat tantangan atau aktivitas yang menuntut si kecil banyak gerak dan berkomunikasi dengan orang lain. Tantangan sangat disukai anak-anak sebab itu adalah ciri khas games. Sementara berkomunikasi dengan orang lain bisa memperbanyak teman anak. Katakan pada si anak bahwa dengan proyek ensiklopedi mini si anak bisa menjadi pencipta google, atau bisa menambah jumlah teman atau foto di sosial medianya.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading