Sukses

Parenting

Atasi Anak Ketagihan Komputer - Batasi

Komputer saat ini merupakan teman mengasyikkan bagi anak jaman sekarang. Komputer seolah memberikan sesuatu yang baru, yang tidak membosankan, yang membantunya menghabiskan waktu tanpa rasa kantuk.

Beberapa anak mulai ketagihan komputer, entah dengan games di dalamnya, atau dengan koneksi internetnya. Apakah Ladies juga mengalaminya? Bukan hanya merenggut perhatiansi kecil dari anda, namun segala aktivitas si kecil pun teralihkan oleh komputer tadi. Seperti yang dilansir di m.wikihow.com, ketagihan komputer ini bisa disamakan dengan ketagihan obat-obatan. Oleh sebab itu Ladies harus mengatasinya sejak dini.

Yang perlu Ladies lakukan adalah membatasi ruang gerak dia dalam komputer sebab menghilangkan komputer juga tak mungkin dilakukan sebab Anda atau dia mungkin membutuhkannya untuk tugas penting.

Pertama, tempatkan komputer di ruang terbuka dalam rumah Anda sehingga Anda bisa mengawasinya kapan saja. jangan pernah menaruh komputer di ruangan yang jarang anda kunjungi, apalagi kamarnya. Ini menghindari si kecil browsing yang aneh-aneh, jika ada koneksi internet.

Kedua, batasi penggunaan komputer di rumah. Entah apapun yang dia lakukan, browsing atau gaming, Anda harus membatasi waktunya. Satu atau dua jam sudah cukup bagi si kecil untuk bermain-main di depan komputer. Anda bisa menerapkan sanksi tertentu jika dia melanggarnya, misal mengurangi jatah bermain esok hari sesuai dengan jumlah waktu yang dia langgar.

Terakhir,jika Anda takut tak bisa mengawasi, berilah password untuk log in komputer. Usahakan hanya Anda yang tahu password itu. Itulah tips untuk atasi si kecil yang membandel. semoga berhasil.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading