Sukses

Parenting

Ketagihan Ponsel Pada Anak - Gejala

Ponsel atau hand phone (HP) merupakan alat komunikasi canggih masa kini yang terus berkembang dalam memajukan tingkat kecanggihannya. Dewasa, remaja, dan bahkan anak seolah tak bisa menghindar dari keberadaan ponsel ini.

Awalnya, barang canggih ini sangat membantu aktivitas manusia dalam berkomunikasi, namun seiring perkembangan jaman, sedikit mengganggu aktivitas manusia. Mengapa? Fitur yang ditawarkan, kecepatan yang bisa dijangkau, akses internet yang dipermudah mulai meracuni pikiran manusia untuk terus menggunakannya.

Ladies sebagai wanita dewasa pastilah menyadari jika Anda akan mengalami kesulitan sehari saja tanpa HP, namun apakah anak Anda juga demikian? Anak-anak sekarang ini sudah mahirmenggunakan HPbahkan sebelum dia mahhir berhitung. Menurut studi di Jepang dan Inggris yang dlansir di dailymail.co.uk, anak usia 5/6 hingga 16 tahun pasti memiliki HP.

Jika anak Anda sehari saja tanpa HP, dia mulai gelisah dan tidak tenang, maka dia mulai ketagihan HP. Jika setiap kali senggang anak Anda akan secara otomatis mengaktifkan HP dan mengotak atiknya, maka dia bisa saja ketagihan HP.

Menurut keterangan di healthguidance.org, gejala lain ketagihan HP adalah lebih suka mengirim sms/telpon daripada mengunjungi teman, meski jaraknya dekat. Lebih sering mengotak atik HP, entah browsing atau main games saat berkumpul dengan teman, serta memiliki sedikit teman.

Jika si anak lebih suka bermain dengan HPnya daripada mendengarkan orang lain bercerita atau lebih suka membaca sms daripada membaca buku, maka si anak sudah tergolong pecandu HP.

Bagaimana dengan anak Anda?

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading