Sukses

Parenting

Mengenal Berbagai Kebiasaan Oral Balita

Pernahkah Bunda mengamati bahwa anak-anak terutama balita memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mereka lakukan dengan mulut mereka? Kadang mereka menghisap jempol, kadang bermain lidah, kadang juga dengan bibir mereka.

Kali ini kita akan membahas berbagai kebiasaan yang terjadi pada bayi seputar mulut bayi dan balita. Berikut inilah lansiran adalah bahasan lengkap dari medicinenet.com. Yuk, kita simak!

1. Bermain lidah
Kebiasaan si kecil bermain lidahnya biasanya dilakukan dengan menutup jalannya mulut untuk menelan dengan menekankan ujung lidah ke bibir atas. Kebiasaan ini membuat gigi atas mendapat tekanan pula sehingga jika kebiasaan ini terus dilakukan ketika gigi permanennya sudah tumbuh, akan membuat giginya tonggos.

2. Menghisap jempol
Menghisap jempol merupakan kebiasaan wajar dari semua anak yang sering dilakukan sejak janin. Namun, jika kebiasaan ini berlanjut ketika umurnya lebih dari 6 tahun, giginya akan tonggos sehingga menganggu caranya dalam mengucapkan kata-kata.

3. Menghisap bibir
Menghisap bibir bawah biasanya secara tidak langsung terjadi saat anak menghisap jempolnya. Tapi tidak menutup kemungkinan anak bisa melakukakannya sebagai aktifitas tersendiri. Seperti kebiasaan buruk sebelumnya, kebiasaan ini bisa memicu tidak bagusnya bentuk gigi anak.

Nah Bunda, jika buah hati Anda juga melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, ada baiknya jika Anda mulai mengajarinya untuk menghentikan kebiasaannya. Meskipun wajar, Bunda harus ingat juga bahwa kebiasaan-kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan oralnya.

Kustin Ayuwuragil D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading