Sukses

Parenting

Sakit Punggung Saat Hamil, Bagaimana Mengatasinya?

Bunda sering kesal dengan sakit punggung yang begitu kuatnya jika terlalu banyak beraktivitas saat hamil? Hal ini bisa disebabkan oleh lelahnya punggung menahan berat badan Bunda yang terus menanjak. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya, berikut tips-tips latihan fisik ringan yang dihimpun oleh babycentre.co.uk.

1. Melatih otot area kewanitaan
Gerakan yang bisa Bunda lakukan untuk latihan yang ini sedikit mirip senam kegel. Letakkan dua tangan dan lutut di lantai sebagai tumpuan, luruskan punggung. Mungkin beberapa dari Anda akan merasakan linu yang sedikit menyiksa, maka lakukan perlahan-lahan. Tarik napas perlahan, sambil mengencangkan perut dan otot-otot vagina, keluarkan napas. Ulangi gerakan ini 5-10 kali, tahan hingga 5-10 detik. Kendurkan punggung setiap selesai satu gerakan.

2. Berenang
Dengan berenang, punggung Anda akan terlatih untuk bergerak. Sebaiknya, agar aman, Anda memilih kolam renang yang menyediakan latihan fisik pre-natal. Sehingga Anda bisa paham bagaimana dan berapa banyak porsi gerakan berenang yang bisa Anda lakukan.

Selain dengan gerakan-gerakan di atas, Anda juga bisa mengatasi sakit punggung melalui cara akupuntur dan pijat. Pastikan pusat akupuntur yang Anda kunjungi memiliki lisensi atau paling tidak berpengalaman dalam melakukan akupuntur selama kehamilan. Untuk pijat, Anda bisa meminta suami untuk melakukan pijatan ringan untuk merelaksasi otot punggung sehingga rasa sakit bisa berkurang. Atau Anda juga bisa mengunjungi pusat pijat pre-natal.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading