Sukses

Parenting

Ingin Anak Anda Siap Masuk TK? Inilah Peran Anda

Kebanyakan TK sekarang membuat peraturan tentang umur minimal anak saat masuk sekolah. Ada yang minimal 4 tahun, ada juga yang 5 tahun, walaupun umur sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan apakah seorang anak sudah siap sekolah atau belum.

Seperti yang disarankan mayoclinic.com, saat Anda akan memutuskan bahwa anak siap sekolah, Anda harus mempertimbangkan kemampuannya. Misalnya kemampuan dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain, memegang alat gambar atau alat tulis, dan sebagainya.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu anak Anda dalam persiapan masuk TK, seperti:

1. Bantu perkembangan kemampuan dasarnya. Mulailah dengan mengenalkan warna, angka, dan huruf. Ajari anak Anda tentang namanya, nama orang tua, dan alamat rumah.

2. Membaca, menyanyi dan bermain dengan anak Anda. Biasakan membacakan cerita untuk anak Anda sejak ia masih bayi. Menyanyikan lagu anak-anak juga bisa meningkatkan perkembangan bahasanya.

3. Batasi waktu menonton tv, karena semakin lama ia menonton maka waktu belajarnya bisa semakin berkurang.

4. Kenalkan anak pada suatu pembelajaran misalnya dengan memasukkannya ke playgroup, kelas seni atau sains, atau mengajaknya ke tempat-tempat seperti museum dan kebun binatang.

5. Biasakan anak untuk bersosialisasi baik pada anak laki-laki atau perempuan serta orang dewasa, misalnya dengan mengajaknya bermain di playground.

6. Biasakan anak untuk pergi ke toilet saat ia ingin pipis atau pup.

7. Biasakan menjalani rutinitas dengan jadwal yang teratur seperti kapan waktunya makan, tidur siang, bermain. Agar nanti saat sekolah ia juga terbiasa rajin bangun pagi.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading