Sukses

Parenting

Beberapa Gadget dan Alat Elektronik Yang Bisa Berbahaya Pada Mata Anak

Ladies, jika melihat perkembangan jaman sekarang ini, bisa kita lihat begitu banyak gadget yang bisa digunakan oleh si kecil. Bahkan seorang balita ada yang sudah bisa mengoperasikan komputer. Beberapa orang tua juga banyak yang bangga dengan hal ini, padahal hal seperti ini bisa jadi berbahaya.

Bagi beberapa orang, anak yang bisa mengoperasikan alat seperti komputer dan telepon gengam berarti dia sudah pintar dan bertumbuh-kembang dengan baik. Faktanya, anak yang memiliki kebiasaan seperti itu malah menjadikan dia tidak berkembang secara maksimal bahkan kesehatannya juga terancam, terutama untuk kesehatan mata.

Seperti yang dilansir medimanage.com, gadget, utamanya elektronik, memiliki sinar ultra violet yang berbahaya bagi mata. Mata yang terus berkontraksi karena menatap layar gadget dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti ketegangan mata, kemerahan, penglihatan kabur, mata kering dan iritasi. Masalah penglihatan umumnya disebabkan karena kebiasaan melihat yang tidak benar seperti, melihat televisi di tempat gelap, atau menggunakan telepon genggam terlalu dekat dengan mata.

Oleh sebab itu, laman yang sama melansir beberapa alat elektronik yang berpotensi bahaya seperti:

1. Televisi
Televisi adalah perangkat elektronik hiburan yang sangat sering digunakan oleh anak kecil. Beberapa acara televisi akan menghipnotis anak untuk duduk diam di depan televisi. Namun bahayanya, menonton televisi dalam durasi yang lebih lama dapat menyebabkan mata kering atau mata lelah.

2. Ponsel
Para orang tua sekarang mulai banyak yang memberikan ponsel kepada anaknya. Hal ini terkadang membuat anak senang karena ada fasilitas permainan di dalamnya. Namun aktivitas bermain ponsel yang terlalu sering akan membuat mata anak Anda lama-kelamaan akan rabun.

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading