Sukses

Parenting

Efek Negatif Dari Gadget

Ladies, jika kita lihat sekarang, anak-anak lebih menyukai peralatan permainan yang modern daripada permainan tradisional. Mengapa begitu karena anak-anak zaman sekarang diberikan pilihan yang lebih mudah dan menarik dalam jenis permainanya, yaitu melalui gadget.

Bahkan Ladies, beberapa anak yang sudah ketagihan gadget akan bisa menghabiskan waktunya seharian untuk bermain dengan mainan favoritnya tersebut. Beberapa orangtua mungkin beralasan ingin menyenangkan anak dengan memberikan gadget, apapun bentuk atau jenisnya. Tetapi hal itu sebenarnya adalah pilihan yang salah karena beberapa dampak negatif bisa saja menyerang si kecil.

Menurut earlytechnews.wordpress.com, anak kecil pada zaman sekarang bisa menghabiskan sebagian besar jam hari mereka dengan iPod, ponsel, TV, video game dan gadget teknologi lainnya. Bagi sebagian anak yang terkena demam gadget biasanya membuat dia sangat bersemangat jika pulang sekolah (karena ada gadget yang menunggu dia di rumah) dan sebaliknya, kurang bersemangat saat berangkat atau di sekolah (karena jelas, dia harus berpisah dari gadget kesayangannya!).

Dampak negatif yang paling sering terjadi pada anak yang kecanduan gadget adalah mempengaruhi keterampilan sosial dan pribadi anak-anak Anda. Hal ini terlihat bahwa anak muda mungkin menjadi 'pakar SMS', tapi miskin saat berkomunikasi secara nyata dengan cara bertatap muka. Anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gadget biasanya mengeluh kurang konsentrasi pada studi dan kehilangan waktu tidur mereka.

Karenanya, kelebihan penggunaan elektronik dan gadget harus, dan wajib, dikontrol oleh orang tua. Anda juga wajib menentukan atau membatasi jam bermain anak Anda agar dia juga bisa melakukan aktivitas sosial lain seperti bermain.

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading