Sukses

Parenting

Memulai Menyusui

Ketika tanggal kelahiran mulai mendekat, Anda mungkin mulai bertanya-tanya apakah Anda sanggup memberikan ASI pada buah hati pertama Anda. Sebenarnya, merupakan hal normal jika Anda khawatir tentang menyusui karena menyusui merupakan pengalaman yang benar-benar baru bagi Anda dan bayi Anda.

Ingatlah, tubuh Anda telah mampu menutrisi bayi Anda selama kurang lebih sembilan bulan selama dia masih berada di dalam kandungan. Segera setelah bayi Anda lahir, Anda dapat langsung memberi nutrisi bayi Anda kembali melalui pemberian ASI.

Selain itu, situs babycentre.co.uk menyarankan Anda untuk sesering mungkin memberikan ASI pada bayi Anda. Anda dapat langsung menawarkan ASI pada bayi Anda sesegera setelah mereka lahir.

Terkadang, beberapa bayi dalam kondisi sangat terjaga dan dapat menyusu dengan sangat baik. Namun, bukan suatu masalah pula jika bayi Anda hanya ingin menjilati puting Anda sembari menikmati cinta dan kasih sayang yang mereka rasakan ketika Anda menggendong mereka dalam rengkuhan Anda.

Seorang bidan mungkin akan membantu Anda untuk menemukan posisi menyusui yang nyaman, baik bagi Anda maupun bagi bayi Anda. Bidan juga akan mengajari Anda bagaimana sebaiknya bayi menyusu agar tidak menyakiti payudara dan bayi Anda dapat menyusu secara maksimal.

Dekatkan kepala bayi Anda ke payudara Anda dan bukan sebaliknya. Bayi Anda perlu membuka mulut mereka lebar-lebar agar payudara Anda masuk ke dalam mulut mereka serta jangan coba-coba memaksakan payudara Anda masuk. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda dan bayi Anda akan semakin dapat menemukan posisi yang lebih nyaman. Jadi, jangan berkecil hati jika pada awal proses menyusui terasa sangat sulit untuk dilakukan.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading