Sukses

Parenting

Mengetahui Apakah Bayi Anda Telah Kenyang

Menyusui bayi pertama Anda mungkin akan memberikan pengalaman baru bagi Anda. Anda belajar bergbagai hal yang berkaitan dengan menuyui. Di antara yang tengah Anda pelajari, mungkin Anda akan terus bertanya bagaimana caranya mengetahui apakah bayi Anda sudah ingin berhenti ketika Anda berikan ASI.

Laman babycentre.co.uk menyatakan bahwa Anda tidak akan selalu tahu kapan atau tanda-tanda bayi Anda sudah merasa kenyang ketika disusui. Terkadang, Anda mungkin salah. Anda kira bayi Anda sudah kenyang, puas, dan mengantuk. Namun, ketika Anda menjauhkan payudara Anda dari mulut mereka, mereka akan terbangun dan ingin menyusu lagi.

Terkadang juga, Anda menidurkan mereka di tempat tidur setelah mereka menyusu hingga kenyang. Tapi beberapa menit kemudian mereka akan terbangun sembari menangis. Dan ketika Anda menyusui si kecil, ia melahap ASI seolah memang belum makan sama sekali.

Yang perlu Anda pahami adalah bayi Anda merupakan petunjuk terbaik seberapa lama dia akan menyusu. Lagi pula, bayi tidak dapat membedakan waktu dan tidak dapat mengukur seberapa lama mereka menyusu. Jumlah menit yang mereka habiskan ketika menyusu sama sekali tidak berhubungan dengan seberapa banyak susu yang mereka minum. Meskipun memang ada hubungannya, Anda tidak mungkin tahu seberapa banyak ASI yang bayi Anda butuhkan di setiap menyusui.

Biarkan bayi Anda menyelesaikan payudara pertama yakni dengan membiarkan bayi Anda menyusu selama yang mereka inginkan pada salah satu payudara. Dan jika mereka berhenti minum dan terlihat mengantuk, gunakan kesempatan tersebut untuk beristirahat.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading