Sukses

Parenting

Kapankan Penyakit Kuning Dianggap Parah?

Jika bayi Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit kuning dalam kurun waktu 24 jam setelah dilahirkan, maka kondisi tersebut dapat dianggap serius dan berarti bayi Anda memerlukan perlakuan khusus untuk penyembuhan. Jenis penyakit kuning ini sangat tidak umum dan biasanya disebabkan oleh ketidaksesuaian golongan darah antara ibu dan bayi.

Jika Anda memiliki golongan darah O atau Rh negatif, mungkin golongan darah atau rhesus Anda tidak akan sesuai dengan golongan darah bayi Anda. Ketika Anda melakukan kunjungan dokter untuk pertrama kalinya ketika Anda dinyatakan hamil, dokter atau bidan Anda akan mengecek golongan darah Anda.

Namun, untuk memastikan apakah bayi Anda akan mengalami penyakit kuning merupakan hal yang cukup sulit. Hal tersebut hanya dapat dipastikan setelah bayi Anda dilahirkan karena dokter atau bidan tidak mungkin mengecek golongan darah janin Anda yang masih berada di dalam rahim.

Lalu, bagaimanakah caranya menyembuhkan penyakit kuning? Sebagian besar penyakit kunging tidak memerlukan perlakuan tertentu agar bayi sembuh dari penyakit tersebut. Ketika perlakuan tertentu memang diperlukan, fototerapi atau terapi cahaya adalah pilihannya.

Fototerapi dilakukan dengan cara menidurkan bayi yang telanjang di dalam suatu tempat dengan kedua mata ditutup yang kemudian disinari dengan sinar berwarna biru atau ‘bililight’. Sinar ultraviolet yang dikeluarkan mengubah bilirubin menjadi bentuk yang dapat dikeluarkan oleh bayi melalui urin. Selain itu, pastikan bayi Anda memperoleh cukup ASI sehingga mereka dapat melakukan pengeluaran feces, beserta bilirubin.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading