Sukses

Parenting

Vitamin B dan Ibu Hamil, Sahabat Baik

Kehamilan yang sehat adalah kehamilan yang ternutrisi dengan baik. Untuk memenuhinya, semua vitamin harus dipenuhi kebutuhannya. Salah satu vitamin yang krusial adalah vitamin B kompleks. Berikut ini fungsi tiap-tiap jenisnya menurut livestrong.com.

1. B1, B3, B12
Berguna untuk perkembangan organ tubuh janin, otak dan sistem sarafnya.
2. B2
Membantu pertumbuhan fisik janin.
3. B5
Berguna untuk mencegah anemia pada ibu dan membantu pertumbuhan fisik janin.
4. B6
Membantu Bunda agar cepat hamil, mencegah keguguran dan mengatasi morning sickness.
5. B9
Mencegah terjadinya cacat kandungan

Ada vitamin B kompleks lainnya yang bernama asam folat yang sudah terkenal dapat membantu perkembangan otak janin sehingga menghindarkannya dari kelainan mental. Vitamin ini juga membantu mencegah kematian bayi dalam kandungan.

Yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks ini bukanlah suplemen dalam bentuk kapsul atau pil. Akan lebih baik jika Bunda mengkonsumsi banyak makanan yang menjadi sumber vitamin B kompleks yang kaya seperti telur rebus, bayam, lobak, dan lain-lain.

Jika memang Bunda mengalami masalah dalam mengkonsumsi makanan-makanan di atas, misalnya Bunda mual ketika mencium bau bayam atau lobak, atau alergi pada telur, barulan suplemen menjadi pilihan terakhir. Namun, perlu diingat untuk selalu mengkonsultasikan dosis suplemen vitamin yang tepat dengan dokter atau bidan Bunda. Semoga kehamilannya lancar, ya, Bun!

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading