Sukses

Parenting

Beberapa Pendapat Yang Salah Mengenai Nutrisi Kehamilan

Hey Ladies, sudah berapa nih usia kehamilan Anda sekarang? Apakah asupan nutrisi untuk sang bayi sudah benar-benar terpenuhi dengan baik, Ladies? Jika Anda memastikan asupan nutrisi dengan baik, pasti kesehatan bayi Anda akan terjaga sampai dia nanti terlahir.

Masalahnya nih Ladies, beberapa wanita memiliki kepercayaan yang salah tentang konsumsi makanan saat hamil. Tujuannya sih memang baik, agar janin dapat berkembang dengan maksimal. Namun faktanya malah timbul risiko yang membahayakan untuk keselamatan sang janin.

Menurut americanpregnancy.org, beberapa pendapat yang salah terkait konsumsi nutrisi pada saat hamil adalah:

1. Pada saat hamil Anda harus makan lebih banyak, karena ada bayi di dalam perut Anda.
Faktanya: Memang benar bahwa kebutuhan nutrisi Anda meningkat, namun kebutuhan energi hanya meningkat sekitar 300 kalori per hari untuk trimester kedua dan ketiga kehamilan. Dan jika Anda kelebihan makanan, hal ini justru sangat berbahaya untuk janin karena menambah risiko bayi akan terlahir dengan berat badan besar.

2. Menurunkan berat selama kehamilan akan membuat persalinan menjadi lancar.
Faktanya: Para ibu yang tidak memiliki cukup berat selama kehamilan justru menempatkan bayi mereka pada resiko komplikasi seperti kelahiran prematur yang dapat disertai kelainan paru-paru dan masalah jantung.

3. Jika Anda memiliki berat badan yang tepat pada saat kehamilan, berarti Anda terhindar dari lemak.
Faktanya: Sebuah kehamilan yang sehat tidak mungkin menghilangkan lemak! Tubuh Anda menggunakan lemak sebagai energi selama persalinan dan menyusui. Yang harus diperhatikan adalah dalam memenuhi kebutuhan lemak pada tubuh, upayakan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat atau makanan lain.

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading