Sukses

Parenting

Efek Samping Yang Ditimbulkan Dari Penggunaan Pil KB

Pil KB banyak digunakan wanita untuk mencegah terjdinya kehamilan. Hal ini ditujukan untuk mengendalikan angka kelahiran yang terus meningkat pesat. Pil KB merupakan ‘alat’ pencegah konsepsi yang paling disukai oleh wanita. Hampir 18 juta wanita menggunakan pil KB.

Ada berbagai bacam pil KB yang mengandung progestin dan estrogen dengan kadar yang berbeda-beda. Pil KB juga mempunyai beberapa manfaat. Selain untuk mencegah terjadinya konsepsi, pil KB juga dapat mencegah kanker ovarium dan juga kanker endometrium. Lalu, apakah menggunakan pil KB merupakan pilihan yang tepat?

Banyak wanita yang mengeluh tentang efek samping dari penggunaan pil KB. Wanita-wanita tersebut mengeluh mengalami mual, sakit kepala,pusing, dan nyeri pada payudara. Bahkan beberapa wanita juga melaporkan mengalami perubahan mood sampai depresi setelah mengkonsumsi pil ini. Efek samping lain adalah peningkatan berat badan, banyak wanita mengeluh berat badannya naik hingga 12kg setelah meminum pil KB.

Infojug.com juga pernah melansir sebuah penelitian yang melaporkan bahwa pil KB dapat memperbesar resiko terkena kanker pada wanita-wanita tertentu, seperti pada wanita yang merokok. Selain itu, jika wanita yang terlalu muda meminum pil ini, maka jerawat akan muncul pada wajah dan sulit untuk disembuhkan.

Anda tak perlu terlalu pusing memikirkan alat kontrasepsi apa yang tepat untuk digunakan. Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan menanyakan ‘alat’ apa yang tepat untuk anda gunakan untuk mencegah kehamilan.

Oleh: Ratna K. Dewi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading