Sukses

Parenting

Dengan Musik ini, Bayi Prematur Lebih Cepat Berkembang

Kalau memperdengarkan musik saat sedang hamil mungkin Ladies sudah tahu ya? Tapi bagaimana kalau memperdengarkan musik pada bayi yang sudah lahir khususnya bayi prematur? Tapi bukan sembarang musik ya, Ladies, musik yang digunakan adalah musik dari komposer ternama bernama Wolfgang Amadeus Mozart.

Sebelumnya, sudah dikenal adanya Mozart effect, sebuah tes yang dilakukan untuk membuktikan apakah mendengarkan musik Mozart dapat meningkatkan daya nalar seseorang. Untuk ini, musik Mozart diperdengarkan kepada 30 bayi yang lahir di minggu ke-20 kehamilan.

Dilansir dari theblaze.com, musik diperdengarkan dari sebuah iPad dihubungkan dengan sebuah earphone yang telah disesuaikan untuk telinga bayi pada volume 75 desibel. Yang diukur adalah proses penyerapan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida untuk mengetahui tingkat metabolisme tubuh.

Diketahui, setelah musik Mozart diperdengarkan selama satu setengah jam, metabolisme tubuh bayi menurun sebanyak 9.7% dibandingkan dengan musik dari komposer Bach, yang hanya menurunkan tingkat metabolisme sebanyak 4.5%.

Anda tidak usah bingung kenapa tes ini malah menurunkan tingkat metabolisme. Ternyata, dengan turunnya tingkat metabolisme, ini dapat memperlambat pemrosesan kalori yang membuat berat badan bayi naik dengan cepat.

Efek yang didapat juga cukup cepat, setelah musik diperdengarkan selama 10 menit, tingkat metabolisme sudah menurun sebanyak 4.5%. Penelitian ini tentunya akan sangat membantu bayi prematuryang diketahui pertumbuhannya baru dimulai saat usianya sama dengan kelahiran normal sekitar 36-38 minggu.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading