Sukses

Parenting

Mengamankan Internet Untuk Anak

Kemajuan zaman yang terus bergulir membuat Bunda dan Ayah mau tidak mau juga ikut ke dalam arusnya. Termasuk memenuhi kebutuhan gadget untuk Anak. Pada tahun 90an dulu, anak harus bersekolah minimal SMP dulu baru boleh memiliki telepon genggam sendiri. Tapi sekarang, anak-anak SD sudah merengek-rengen minta dibelikan iPad.

Seiring dengan pemenuhan kebutuhan gadget, internet juga menjadi hal yang perlu Bunda dan Ayah pikirkan. Apalagi sekolah jaman sekarang begitu menuntut kemampuan komputer anak yang memadai untuk mengerjakan tugas. Internet jadi hal yang tak asing bagi keseharian anak.

Berikut ini ada beberapa cara agar internet tetap aman dan nyaman bagi anak, agar Bunda dan Ayah bisa mengurangi was-was, dari usa.kaspersky.com.:

1. Taruh laptop atau komputer atau sekalian koneksi internet di ruang keluarga. Dengan begini, saat anak sedang berselancar di dunia maya, Bunda dan Ayah akan dengan mudah mengawasinya. Jika Bunda dan Ayah memilih modem, pastikan Anda berdua yang memegang kendali penyimpanannya.

2. Batasi akses beberapa web yang berpotensi memuat iklan yang berbau seks, SARA dan kekerasan. Bebaskan akses seluasnya untuk web-web ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, Bunda dan Ayah juga harus akrab dengan web-web ini.

3. Berikan pemahaman tentang bagaimana menggunakan internet yang aman dan nyaman, misalnya dengan tidak membalas chatting atau email dari orang asing dan jangan meng-update software sendiri saat Bunda dan Ayah tidak di rumah.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading