Sukses

Parenting

Duh, Anak Ngambek Nggak Mau Masuk Sekolah!

Bagi anak-anak usia preschool, sekolah tidak selalu berkesan menyenangkan. Beberapa di antaranya menganggap sekolah seperti hutan, dengan banyaknya anak berlarian dan berteriak kesana kemari. Terutama untuk anak pertama atau anak tunggal yang tidak terbiasa berbagi mainan atau makanan dengan orang lain. Mungkin hari pertama sekolahnya berjalan lancar. Namun, jika pada hari kedua dia menolak pergi ke sekolah, apa yang harus Bunda lakukan?

Menurut parents.com, Bunda harus memberinya semangat dan bukannya memarahi si anak. Tanyakan pada anak apa yang membuatnya enggan pergi ke sekolah, padahal sekolah baru saja dimulai. Jika ia tidak menyukai teman-temannya, katakan padanya bahwa ia tidak harus menyukai semua orang di dunia ini, karena setiap orang itu berbeda. Jika ia tidak menyukai guru-gurunya, beritahu ia bahwa yang paling penting bukan siapa gurunya, tapi ilmu yang diajarkan.

Mungkin beberapa anak ngambek tidak mau meneruskan preschool karena kegiatannya yang tidak mengasyikkan. Misalnya, anak belum bisa berenang sedangkan di sekolah ada kelas berenang, dan ia diejek teman-temannya. Untuk urusan yang satu ini, Bunda harus memberikan pelatihan sendiri pada anak. Tidak ada salahnya Bunda meliburkan sekolah anak beberapa hari untuk melatihnya berenang, jika memang ini yang menjadi masalahnya di sekolah.

Hindari berkata yang buruk-buruk atau memarahinya tentang ketidakmauannya pergi ke sekolah. Anak bisa saja semakin ngambek karena merasa orang tuanya tidak supportif terhadap masalahnya.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading