Sukses

Parenting

Tips Melatih Anak ke Kamar Mandi Sendiri

Ladies, tahukah Anda bahwa sangatlah penting membuat anak paham saat ia ingin buang air kecil dan buang air besar anak harus ke kamar mandi sendiri? Berikut adalah tips untuk melatih anak ke kamar mandi sendiri seperti dilansir oleh parenting.com.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk melatih anak adalah dengan membiasakannya di pagi hari sebelum dan sesudah bangun tidur untuk buang air kecil ke kamar mandi. Ladies, dengan cara ini anak akan mengulangi instruksi Anda dan akhirnya menjadi kebiasaan.

Berikutnya, Anda juga bisa membiasakan anak dengan memintanya melepas baju dan hanya mengenakan kaos dalam dan celana dalam dapat membantu melatih anak untuk segera ke kamar mandi saat ia merasa ingin buang air kecil atau buang air besar.

Lebih jauh, Anda juga bisa melatih dan membiasakan anak memahami kebersihan dirinya dengan cara memberikannya hadiah ketika ia sudah mampu ke kamar mandi sendiri. Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa hadiah ini hanya sebagai dorongan, sehingga ketika ia sudah terbiasa Anda dapat berhenti memberikannya hadiah.

Berikutnya, seperti saran parenting.com, jadilah “pemandu sorak” ketika Anda berhasil dan sudah terbiasa untuk ke kamar mandi sendiri. Ladies, dengan cara ini anak akan mengerti bahwa ia sedang melakukan sesuatu yang baik karena Anda terlihat senang.

Bagaimana Ladies, semoga tipsnya membantu ya!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading