Sukses

Parenting

Tips Memberi Pengertian Tentang Rasisme Kepada Anak

Ladies, apakah Anda ingin anak tumbuh menjadi anak yang peduli terhadap orang lain? Berikut adalah tips untuk membuat anak peduli tentang rasisme seperti dilansir oleh parenting.com.

Usaha pertama yang dapat Anda lakukan adalah untuk tidak perlu khawatir untuk memberitahu kepada anak kasus sensitif ini. Seperti dilansir melalui situs yang sama, Dr. Tatum menyatakan bahwa ketakutan orang tua untuk memberitahu kasus ini adalah salah satu tanda kurangnya kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak.

Selanjutnya, langkah yang dapat Anda ambil adalah dengan menjelaskan kepada anak tentang rasisme ini berdasarkan usia mereka. Apabila anak Anda baru saja memasuki bangku sekolah PAUD, gunakanlah contoh-contoh konkret semisal perbedaan warna telur ayam ras dan ayam kampung. Untuk anak yang akan memasuki bangku sekolah dasar, berikan pengertian bahwa masing-masing umat manusia dilahirkan berbeda dan harus saling menghargai satu sama lain.

Ladies, tips berikutnya adalah untuk tetap berkepala dingin ketika anak bertanya tentang rasisme. Anak masih dalam tahap meniru sehingga mungkin ia mendengar dari temannya. Adalah tugas Anda untuk menjawab pertanyaannya dengan penjelasan yang membuatnya mengerti.

Tips terakhir yang paling penting adalah dengan menjadi contoh bagi anak. Ladies, pastikan apa yang Anda jelaskan kepada anak benar-benar Anda lakukan sehingga ketika dia mendapati Anda tidak memandang ras siapapun, pemahaman anak akan rasisme semakin baik.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading