Sukses

Parenting

KDRT: Masalah Pribadi dan Faktor Ekonomi

Hai Ladies, pastinya Anda sudah banyak mendengar tentang maraknya kasus KDRT di media massa bukan? Tentu, banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga. Menurut irfanda.com, salah satu sebab justru bisa berawal dari pasangan sendiri yang tidak saling mengenali pribadi pasangannya masing-masing.

Oleh karena itu, dan juga mengingat fakta sebagian besar korban KDRT adalah wanita, sungguh patut bagi kaum ini untuk terus mewaspadai gejala-gejala yang bisa mengarah kepada kekerasan domestik, bahkan sejak awal masa pacaran. Ketidaktahuan yang mendalam tentang pasangan biasanya akan menyulut masalah yang lebih besar setelah menikah dan punya anak.

Terkait keberadaan anak-anak, tentunya merekalah yang paling harus dikasihani karena posisi mereka sebagai pihak yang tidak begitu paham tentang cara berpikir kedua orang tuanya. Dampak yang sangat berbahaya adalah berlanjutnya lingkaran setan KDRT dalam rumah tangga. Si anak yang terbiasa hidup dengan KDRT akan mendapat pengaruh tentang bagaimana memilih pasangan hidup di masa depan. Walaupun KDRT itu menyakitkan kemungkinan besar si anak akan merasa bahwa hal tersebut adalah normal.

Selain masalah pribadi masing-masing pasangan, faktor ekonomi juga berperan sebagai pengaruh dari luar yang bisa menjadi salah satu pemicu KDRT. Seperti dilansir dalam metrotvnews.com, kebanyakan korban KDRT di Cianjur disebabkan oleh faktor ekonomi. Sayangnya jumlah kasus KDRT terus meningkat dan itu belum termasuk bagi mereka yang tidak melapor. Tidak hanya masyarakat umum, bahkan para artis pun tidak luput dari kasus KDRT.

Faktor lain yang membuat keadaan lebih buruk adalah masih rendahnya tingkat intelektualitas perempuan. Mereka yang menjadi korban biasanya malah bingung harus bertindak apa pasca kekerasan terjadi.

Alhasil, sebagian besar wanita cenderung tutup mulut dan membuat KDRT terus berlanjut. Itulah mengapa usaha pemerintah untuk mensosialisasiakan pemahaman KDRT, terutama terhadap kaum perempuan, perlu didukung sebagai langkah awal untuk memutus lingkaran setan KDRT yang terjadi dalam keluarga.

So, Ladies mari bergerak bersama untuk memberantas KDRT!

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading