Sukses

Parenting

Payudara Mengendur Setelah Menyusui?

Ladies, banyak diantara Anda pasti mendambakan payudara yang besar dan kencang, karena beberapa wanita beranggapan bahwa memiliki payudara yang besar adalah dambaan setiap wanita. Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang perlu dirawat dan dijaga keindahannya karena merupakan salah satu daya tarik wanita.

Namun, banyak sekali mitos beredar setelah wanita menyusui banyak yang beranggapan bahwa payudara akan mengendur dan daya tarik payudara menjadi berkurang. Padahal, dijelaskan pada situs nurturedchild.ca, payudara yang konon bisa mengendur akibat menyusui tidak terbukti kebenarannya. Karena payudara akan berubah atau kendur sesuai dengan waktunya, sehingga menyusui tidak akan berdampak pada kekendurannya.

Disisi lain, efek sesaat payudara kendur merupakan akibat dari kehamilan yang disebabkan secara hormonal berubah dan otot ligamen di area payudara kehilangan kelenturannya. Pada saat hamil berat badan bertambah dan bentuk payudara akan membesar, dan saat Anda mulai menyusui, dada Anda akan diisi dengan ASI, dan payudara bertambah besar. Payudara akan berubah dengan sendirinya jika Anda rutin menyusui. Saat berhenti menyusui, payudara akan mulai melunak dan ukurannya berubah seperti pada saat hamil.

Nah, Ladies jangan khawatir akan hal itu. Sebab seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot payudara akan mengendur dengan sendirinya, tidak hanya disebabkan hanya karena sesaat setelah menyusui. Perlu diketahui juga, bahwa ukuran payudara ditentukan oleh berapa banyak jaringan lemak yang dimiliki di payudara. Sementara menyusui hanya menciptakan jaringan yang lebih padat di payudara, setelah selesai menyusui jaringan lemak dan jaringan ikat payudara akan bergeser.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading