Sukses

Parenting

Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak-Anak

Ladies, menurut Anda pentingkah memberi pendidikan seksual bagi anak-anak, termasuk anak Anda sendiri? Jika Anda menjawab tidak, Anda bisa salah besar Ladies. Karena memberikan pendidikan seks kepada anak ternyata sangat penting bahkan disarankan telah dilakukan sejak usia dini. Hal ini disebabkan karena pada usia dini orang tua lebih mudah melakukan pendekatan pada anak.

Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, anak sudah harus diberi pengetahuan seks semenjak di sekolah dasar. Pada tahap ini, anak membutuhkan informasi tentang pengetahuan seks dan reproduksi. Hal ini tidak berarti anak secara langsung diberi pengetahuan yang mengarah pada hubungan intim. Namun mereka hanya diberi pengetahuan dasar tentang seks.

Tentunya, ada hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pengetahuan tentang seks pada anak seperti memahamkan tahap perkembangan seksual anak. Hal ini disebabkan perkembangan seksual akan berjalan berbeda sesuai dengan usia tiap anak. Karenaya, perlu pendekatan berbeda pada tiap tahap perkembangan anak untuk membantu mereka beradaptasi dengan perubahan fisik yang mereka alami.

Meskipun memberikan pendidikan seksual kepada anak sekolah dasar sangat penting untuk dilakukan, masih saja banyak orang tua yang menganggap pendidikan seksual usia dini sangat tabu dan belum saatnya dibicarakan. Dari berbagai survei diketahui bahwa sebagian besar orang tua, termasuk di Indonesia, masih enggan memberikan pengetahuan tentang seks kepada anak mereka sendiri.

Alasannya? Banyak orang tua beranggapan bahwa perkembangan seksual pada anak mereka akan berjalan dengan sendirinya. Wah, tentu saja ini anggapan yang salah ya Ladies. Seperti main sulap saja nih, tiba-tiba anak sudah paham tentang seks tanpa diberi tahu! Jadi jangan ragu untuk memberikan pendidikan seksual kepada anak Anda sejak dini sembari tetap mempertimbangkan metode, porsi dan materinya ya Ladies.

Oleh: Supriyanto

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading