Sukses

Parenting

10 Mitos Kontrasepsi: #6 Menyusui Membuat Anda Sulit Hamil, Benarkah?

Halo Ladies, apakah yang Anda rasakan ketika Anda tengah menyusui buah hati Anda? Apakah Anda merasa bahagia Anda bisa mendapatkan buah hati yang sehat serta bisa memenuhi setiap kebutuhan nutrisinya? Atau justru Anda akan merasa takut?

Kenapa Anda perlu merasa takut untuk menyusui buah hati Anda? Bukankah menyusui buah hati merupakan sebuah anugerah yang bisa Anda berikan kepada bayi Anda?

Hal ini didasari dari sebuah mitos yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa wanita yang menyusui akan sulit untuk bisa hamil lagi. Namun Ladies, Anda janganlah percaya pada mitos ini karena menurut situs everydayhealth.com mitos ini tidak benar dan tidak memiliki dasar ilmiah.

Memang benar bahwa menyusui bisa menghentikan proses ovulasi selama sesaat. Namun ini hanyalah efek yang berlangsung sementara dan Anda akan segera mengalami masa ovulasi setelah beberapa saat. Jadi Ladies, Anda akan bisa tetap mendapatkan kehamilan lagi seperti wanita pada umumnya.

Penghentian ovulasi ini maksimal hanyalah akan berlangsung selama enam bulan dan Anda bisa kembali mendapatkan fase menstruasi dan juga ovulasi normal seperti sebelum Anda hamil dulu. Jadi, jangan Anda gunakan mitos ini sebagai alasan mengapa Anda tidak menyusui buah hati Anda. Namun sayangilah buah hati Anda dan berikan setiap tetes ASI yang bisa Anda berikan karena itu adalah sumber nutrisi utama buah hati Anda.

Oleh: Yudha Yanuar Akbar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading