Sukses

Parenting

Wah, Si Kecil Sudah Bisa Mengekspresikan Diri!

Singkatnya, di minggu keempat belas ini, janin Anda sudah bisa menendang-nendang, buang air kcil, menghisap jempol, dan menggerutu! Ya, bayi Anda sudah bisa menggerutu dan menyeringai. Hebat sekali bukan dia di minggu keempat belas ini?

Karena otak janin Anda sudah dipenuhi syaraf, maka janin Anda sudah mulai bisa menggerak-gerakkan otot wajah untuk membuat ekspresi. Nah, itu sebabnya dia sudah bisa menggerutu.

Menurut babycenter.com, ginjal janin Anda sudah bisa memproduksi urin, dan aktivitas membuang urin ke air ketuban akan terus berlangsung hingga dia dilahirkan.

Nah, tangan si kecil sekarang sudah bisa menggenggam dengan lebih lancer lo, Ladies. Kalau Anda melihat dia melalui pemeriksaan USG, dia mungkin akan terlihat sedang menghisap jempol.

Pada minggu ini, dia memiliki tubuh sekecil buah jeruk, dengan berat badan sekitar 1,5 ons. Kecil sekali ya? Besar tubuhnya sudah menyeimbangi ukuran kepala. Menurut mayoclinic.com, pada minggu ini tubuh janin Anda sudah mencapai proprosi normal.

Lalu, organ kelamin janin Anda juga mulai nampak lebih jelas, dan bila Anda melakukan pemeriksaan USG di minggu ini atau minggu depan, Anda sudah bisa mengetahui dia laki-laki atau perempuan.

Kemudian, bayi Anda sudah memiliki leher. Limfa bayi Anda sudah berkembang, dan sekarang bertugas untuk memproduksi sel darah merah. Secara keseluruhan, tubuh bayi Anda sedang ditumbuhi rambut hitam halus yang disebut lanugo.

Nah, sebentar lagi Anda akan bisa merasakan dia menendang-nendang Ladies. Sabar. Sebentar lagi.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading