Sukses

Parenting

Pubertas Anak Terjadi Lebih Dini, Pendidikan Seks Sangat Penting

Selama ini kita mungkin menyangka anak perempuan mencapai pubertas lebih awal jika dibandingkan dengan anak laki-laki. Karena, tanda yang diberikan seorang anak perempuan ketika pubertas lebih terlihat jika dibandingkan dengan anak laki-laki. Namun ternyata pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Pubertas yang dialami anak laki-laki dan perempuan ternyata berada di usia yang sama.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak-anak zaman sekarang mengalami pubertas lebih cepat dua tahun dibandingkan dengan anak-terdahulu terdahulu. Laman everydayhealth.com juga pernah melansir bahwa 43% anak berdarah Amerika Afrika mengalami pubertas di usia 8 tahun. Bahkan 10% di antara mereka mengalami pubertas di usia 7 tahun

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kasus ini. Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak hormon estrogen di dalamnya dapat menyebabkan pubertas lebih awal. Beberapa ahli kesehatan juga berpendapat bahwa obesitas dapat mempengaruhi pubertas seorang anak.

Apapun yang menjadi faktor dari pubertas ini, sangat penting mengingatkan para orangtua untuk memberikan pendidikan seksual pada seorang anak yang sudah mengalami pubertas. Walaupun terkadang orangtua masih banyak yang berpikir bahwa usia 8 tahun merupakan usia yang masih sangat muda, namun memberikan pengertian mengenai masa pubertas adalah hal yang sangat penting.

Bicarakan kepada anak-anak anda mengenai pubertas, apa saja yang akan anak anda alami ketika masa pubertas. Dengan melakukan hal tersebut, anak-anak akan lebih mengerti apa yang harus dilakukan dan dihindari ketika dirinya sudah memasuki masa pubertas.

Oleh: Ratna K.D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading