Sukses

Parenting

Anak Autis Juga Butuh Pendidikan Seksual

Pendidikan seksual harus diberikan kepada semua anak dan remaja ya Ladies, termasuk diberikan pada anak yang memiiki gangguan autisme. Karena, setiap anak yang memasuki usia remaja dorongan seksual mulai muncul nih ladies. Jika tidak diberi arahan, bisa-bisa mereka tersesat loh.

Begitu juga dengan anak autis nih Ladies. Mereka memiliki dorongan seksual yang sama dengan anak normal pada umumnya. So, bimbingan dari sekolah maupun orang tua sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman yang benar bagi mereka ya.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Adriana dalam psikologizone.com, orang tua dapat memulai mengajarkan pendidikan seks dari menjaga kebersihan tubuh sendiri, hal-hal yang bersifat privasi dan mengajarkan kemandirian nih.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkanpun banyak loh. Misalnya saja, jika ia sudah bisa membaca orang tua dapat memberikan buku tentang pendidikan seksual loh Ladies. Tapi perhatikan bahasa yang sesuai dengan mereka ya. Agar ilmunyapun dapat mereka terima dengan baik.

Seringkali anak-anak autis kurang memiliki perasaan malu untuk telanjang di depan umum. Seperti membuka celana atau masturbasi di tempat umum. Nah, oleh karena itu orang tua wajib mengajarkan pada anak mengenai apa saja yang boleh dilakukan ditempat umum dan yang tidak boleh dilakukan.

Dalam health.kompas.com, dorongan seksual pada anak remaja untuk masturbasi memang tidak bisa dicegah ya Ladies. Karena dorongan seksual tersebut adalah sebuah kebutuhan biologis. Namun yang penting hanyalah mengajarkan si anak untuk mengetahui norma yang berlaku dalam masyarakat.

Untuk sedikit mengalihkan dorongan seksualnya, Anda bisa mengajak atau melatihnya untuk melakukan kegiatan lain seperti olahraga. Jika memang tidak bisa, ajarkan padanya untuk melakukan aktifitas seksual itu di tempat tertutup dan tidak dapat dilihat oleh orang lain ya.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading