Sukses

Parenting

Pendidikan Seksual Untuk Usia Menapaki Dewasa

Melihat dari perkembanga usia anak, masa menapaki dewas inilah saatnya untuk memperkenalkan mereka akan dunia seksual yang lebih kompleks dan juga mendetail. Saat inilah yang menjadi poin penting dalam membuat mereka lebih percaya diri dan hati-hati ketika menjalani hubungan.

Saatnyalah ketabuan untuk menerangkan akan dunia seksual mulai disibak sedikit demi sedikit dan berusaha memposisikan diri orang tua sebagai mereka. Tidak perlu menutup-menutupi tentang kontrasepsi, seksualitas bersama pasangan dan juga keintiman yang lain. Tapi, lebih arahkan kepada sisi ilmiah dan biologis.

Perlu juga untuk emngingatkan mereka mengenai aturan dan kondisi budaya dimana mereka tinggal. Tujuannya, bukan untuk menggenggam mereka dan menakut-takuti, tapi untuk membuat mereka lebih berhati-hati.

Betterhealth.vic.gov.au menyarankan untuk memeberikan mereka tentang sisi biologis dalam seksual. Ditambah lagi, terangkan juga kepada mereka soal Penyakkit Menular Seksual (PMS) yang bisa terjadi jika tidak hati-hati mengenai seks bebas.

Sebagai panduan yang akan membawa mereka menjaga diri. Pertama adalah orang tua dan yang ke-2 adalah pekerjaan mereka. Mungkin, sebagian besar yang terjadi sekarang adalah orang-orang di tempat kerja atau mungkin teman-teman kuliah mereka.
Dengan seperti itu, ada kemungkinan ia akan sangat terpengaruh oleh teman-temanna. Disisi lain, dari sebuah penelitian di Victoria, Australia, membuat pertanyaan-pertanyaan tentang seks kepada anak-anak muda, lebih banyak mengurangi resiko seks bebas, atau kehamilan yang tidak terencana.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading