Sukses

Parenting

Angka Remaja Melahirkan Menurun di California

Ladies tahukah anda bahwa pendidikan seksual telah diajarkan pada anak-anak sejak dini di sekolah-sekolah di Amerika Serikat? Dipicu maraknya seks bebas dan tingginya angka remaja yang hamil dan melahirkan, pendidikan seksual dianggap sebagai langkah awal untuk mendidik para remaja agar lebih berhati-hati. Agaknya mereka telah menuai hasil positif dari hal tersebut.

Berdasar lansiran dari huffingtonpost.com, Departemen Kesehatan Umum di California menyatakan adanya penurunan sebesar 60 persen pada angka remaja melahirkan di sana. Pada tahun 1991 terdapat 70.9 kelahiran pada usia remaja 15-19 tahun. Sedang pada tahun 2011 angkanya menurun menjadi 28 kelahiran saja.

Banyak faktor yang mempengaruhi turunnya angka kelahiran pada remaja ini. Salah satu yang paling dominan adalah diajarkannya pendidikan seksual di sekolah negri di California. Pendidikan seksual dianggap sangat akurat secara medis dan komprehensif pengajarannya sehingga banyak sekali membantu memberi informasi yang tepat disesuaikan dengan kematangan usia mereka.

Pujian tak hanya dilontarkan pada sekolah-sekolah yang menyediakan pendidikan seksual pada muridnya namun pada komunitas yang berbasis program pendidikan. Komunitas-komunitas tersebut memberi informasi seputar kesehatan seksual pada remaja dan para orang tua.

Dr. Ron Chapman, pimpinan Departemen Kesehatan Umum di California menyatakan strategi yang inovatif serta peran komunitas di California yang bertujuan menurunkan angka kehamilan pada remaja membantu para wanita dan pria muda memilih pilihan bertanggungjawab atas kehidupan seksual mereka sendiri.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading