Sukses

Parenting

Dear Parents, Ini Pedoman Memberi Pendidikan Seks

Para Moms, apakah anda mempunyai anak usia remaja? Apakah pernah mendiskusikan tentang masalah seks dengan anak? Jika belum anda bukan satu-satunya. Jangankan memberi pendidikan seks, sampai saat ini orang tua masih saja malu membicarakan topik ini kepada anak mereka. Padahal Moms, orang tua mempunyai tugas utama dalam menyampaikan informasi tentang topik terkait seks apalagi jika di sekolah sudah ada pendidikan seksual.

Sebuah penelitian mengungkapkan orangtuayang telah memberi pendidikan seksual kepada anak-anaknya secara terbuka berpengaruh terhadap pemahaman anak tentang seks. Hal tersebut berimbas di kemudian hari anak-anak lebih mau mendengarkan nasehat dari orang tua dan orang tua menjadi tumpuan mereka disaat kesulitan.

Jika Moms ingin memberi pendidikan seksual pada putra putri ladies namun tak tahu bagaimana caranya, berikut kutipan pedoman yang dilansir dari laman medindia.net:

- Saat yang paling tepat memberikan pendidikan seksual adalah saat anak mendekati usia remaja dan mulai mengerti tentang perilaku seksual
- Tak hanya aspek praktik hubungan seksual dan kehamilan saja yang harus dibicarakan namun juga alat kontrasepsi.
- Jangan takut membicarakan tentang seks dan obat-obatan, biarkan dengan perbincangan tersebut mereka memperoleh penilaian sendiri terhadap hal-hal tersebut ketika mereka dihadapkan situasi serupa.
- Minta bantuan praktisi seks jika diperlukan
- Anak-anak melihat orang tua sebagai panutan, sangat penting memberi informasi yang tepat pada mereka. Berikan informasi sesuai fakta dan buang rasa malu!

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading