Sukses

Parenting

Pentingnya Pendidikan Seks Mulai Usia Dini

Moms, tahukah Anda bahwa memberikan anak pengetahuan tentang seks sejak dini sangatlah penting. Seperti yang kita ketahui, media dan teknologi saat ini sudah sangat canggih dan terjangkau oleh semua kalangan usia. Apalagi anak-anak kecil jaman
sekarang senang sekali bermain-main dengan komputer yang terkoneksi ke internet, sehingga mudah bagi mereka untuk mengetahui berbagai informasi tanpa disaring terlebih dahulu.

Dengan alasan tersebut peran orang tua dan sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan seksual pada anak-anak. Pengawasan orang tua setiap saat memang menjadi alat utama untuk menghindari penyalahgunaan media sebagai sumber pengetahuan, terutama tentang seks.

Apabila anak di bawah umur mendapat informasi tentang seks melalui media yang salah, maka hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, pihak sekolah seharusnya dapat memberi penyuluhan atau informasi seputar seksualitas kepada siswa sejak usia dini atau pada saat siswa menempuh sekolah dasar.

Mengapa itu perlu? Hal itu ditujukan untuk menghindari hal-hal yang kurang menyenangkan. Misalnya saja, anak-anak di daerah terpencil kurang informasi tentang seksualitas terkadang tidak menghormati teman lawan jenisnya. Contohnya, saat bermain dia bercanda dengan memegang payudara teman perempuannya – seperti yang dilansir dalam situs kitadanbuahhati.com.

Sedangkan untuk remaja, sangat dianjurkan agar sekolah mengadakan penyuluhan tentang pendidikan seks. Hal itu dikarenakan usia mereka yang menginjak pubertas dan organ-organ seksual yang sudah optimal fungsinya. Media seperti televisi, majalah dan internet sudah menjadi “guru seks” bagi siswa – seperti yang dilansir dari situs ceria.bkkbn.go.id. Sehingga tidak heran banyak anak-anak remaja yang melakukan seks bebas yang disebabkan oleh kurangnya pendidikan seks siswa di sekolah.

Jadi, Moms jangan sampai lengah memperhatikan tingkah laku si buah hati dan terus mengawasi tindakan mereka.

Oleh: Rani Rahma

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading